Powered by Blogger.

22 February 2016

Akuaponik Harus Organik


Aplikasi akuaponik system ala Bos Letong System adalah wajib serba organik. hal ini memiliki dua landasan dasar yaitu hati dan fikiran. Fikiran artinya bahwa segala sesuatu yang akan kita konsumsi itu harus bersifat organik atau diproses secara oranik dengan kata lain menjauhkan pada bahan-bahan kimiawi sintetik. sehingga bahan pestisida sintetik tidak berlaku pada aplikasi ini. kedua Hati adalah satu keputusan kesadaran untuk memulai hidup sehat yang benar yaitu dengan tidak memrpoduksi bahan makanan dengan dalih apapun demi percepatan dan kemolekan bentuk jika masih dengan cara-cara (mengikuti hawa nafsu) yang dapat merusak tubuh maupun ekosistem. 



Sikap bercocok tanam seperti ini bukanlah sikap bercocok tanam secara primitif (berfikir scr terbelakang) akan tetapi justru inilah jalan menuju kabaikan untuk keseimbangan semua mahluk dibumi. kalau kita sadar bahwa penghuni bumi ini tidak hanya manusia saja maka kesadaran kita harus meluas sebagaimana luasnya bumi ini terhampar hingga kita tak mampu menghitung tumbuhan dan hewan yang hidup selain manusia. justru yang berfikir perusak (memprimitifkan kesadaran palsu pada sesama manusia) adalah sikap yang tidak bisa diterima di muka bumi ini.

Sederhananya jika anda belum mampu membuat tanaman anda menjadi bagus dan berkualitas dengan tanpa bahan kimia sintetik maka anda harus gigih untuk mencarinya dan jangan berputus asa. pendahulu kita sering mengajarkan bahwa kotoran ternah adalah pupuk organik yang bisa diaplikasikan pada tanaman para petani, hasilnya bagus dan bisa dibuktikan. jika belakangan ini terjadi kesulitan untuk mencapai hasil maksimal itu berarti ada yang salah terhadap tanah pertanian kita. tentu anda mengetahui apa jawabannya.

Masih mendengarkan dan mempelajari oleh para pendahulu kita. jika kotoran ternah dijadikan sebagai bahan organik unsur hara tanaman maka ikan pun juga bisa di gunakan pada tanaman. hal ini ikan dan hewan ternak lainnya seperti sapi, kerbau, ayam, kambing juga termasuk katergori hewan. oleh sebab itulah kotoran ikan pada kolam ikan sangat cocok untuk disatukan dengan tanaman terlebih untuk kebutuhan sehari-hari seperti sayur-mayur.



Salam Petani Kota. Bercocok tanam di lahan sempit

2 komentar:

  1. bagus artikelnya min, ini lagi pengen nyobain nanam Sayur organik, bisa buat referensi nih...

    ReplyDelete
  2. banyak banget kalau sayuran mah manfaatnya, tapi kalau gak suka mah..yaa mau apa lagi wkwk

    ReplyDelete

 

Misi Bosletong

One House One Bos Letong System

Visi Bosletong

Membangun Indonesia Sejahtera, Sehat, Cerdas, dan Bahagia

Follow by Email